Dandim 1702/JWY Hadiri Musrenbang Penyusunan RKPD Papua Pegunungan

Foto Istimewa
Bagikan

Mediatipikor.com, Wamena – Dandim 1702/JWY Letkol. Cpn. Athenius Murip, S.H., M.H., menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan RKPD Provinsi Papua Pegunungan Tahun 2024, di Gedung Aithosa, Jl.Trikora, Distrik Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Kamis (4/5/2023).

Turu hadir pada kegiatan tersebut, Wamendagri Jhon Wempi Wetipo, S.H., M.H., Pj. Gubernur Papua Pegunungan Nickolaus Kondomo, S.H., M.H., Pj. Sekda Prov. Papua Pegunungan Dr. Sumule Tumbo, S.E., M.M., Sekda Kabupaten Jayawijaya Toni M Mayor, S.Pd., M.M., Kapolres Jayawijaya AKBP. Heri Wibowo, S.I.K., Danyon 756/WMS Letkol. Inf. Irwan Setia Kusuma, Bupati Se-Papua Pegunungan, Ketua KUA Ust. Dr. H. Adnan Yelipele, S.H.I., M.A., H.K., Ketua DMI Jayawijya Ust Yoyo Iwik Sriyoto, S.Sos., M.Si., Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Wasuok Demianus Siep, Asisten II Kab. Jayawijaya Lekius Jikwa, Kepala Pengadilan Jayawijaya Dedy Herianto, S.H., Kepala suku Kabupaten Jayawijaya Naligi Kurisi, Tokoh adat Kabupaten Jayawijaya Alex Karno Doga, Pemerhati HAM Papua Theo Hesegem, Tokoh Adat Jayawijaya Hengki Heselo, dan undangan lainnya.

“Musrenbang adalah forum musyawarah tahunan untuk kepentingan daerah dan menyepakati rencana kerja pembangunan tahun anggaran 2023 ini, saya harap musrenbang ini dapat menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga dalam pelaksanaan pembangunan tepat guna dan sasaran,” ujar Dandim Letkol. Cpn. Athenius Murip dalam keterangan tertulisnya di Wamena.

Pj. Gubernur Papua Pegunungan Nickolaus Kondomo mengatakan, Musrenbang ini pertama kali dilaksanakan di Provinsi Papua Pegunungan, dalam momentum ini akan mempercepat perjalanan Provinsi Papua Pegunungan, dimana untuk pertama kalinya, semua pemangku kepentingan di wilayah Provinsi Papua Pegunungan duduk dan berkumpul bersama untuk membahas dan mendiskusikan serta menetapkan program dan kegiatan pembangunan dalam satu tahun anggaran di tahun 2024.

“Saya mengajak kepada seluruh pemangku kepentingan pembangunan di provinsi Papua Pegunungan untuk selalu optimis dalam upaya menghadirkan kesejahteraan masyarakat yang menyeluruh dan berkeadilan, serta mempersiapkan kualitas dan kompetensi SDM sebagai modal dasar untuk maju dan berdaya saing serta menerapkan prinsip-prinsip keseimbangan lingkungan dalam pelaksanaan pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan,” ucapnya.

Selain itu, Wamendagri Jhon Wempi Wetipo menambahkan, tujuan pemekaran dengan harapan mensejahterakan masyarakat khusus orang papua. Jhon Wempi berharap, seluruh stake holder berlomba dalam pembangunan, dalam pelaksanaan Musrenbang guna untuk melaksanakan pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan.

“Saya berharap kepada Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan agar benar-benar lebih fokus untuk pembangunan di daerah Papua Pegunungan ini, agar pertimbangan pembangunan di Papua Pegunungan lebih cepat, dan saya berharap Kepada PJ. Gubernur dan PJ. Sekda Papua Pegunungan agar membuka lahan kerja untuk masyarakat khususnya masyarakat orang Asli Papua,” katanya.

Lebih lanjut disampaikan Wamendagri, dalam kegiatan Musrenbang Daerah ini diharapkan dapat meningkatkan program yang sudah tersusun bersama demi kemajuan pembangunan di wilaya provinsi Papua Pegunungan.

“Pelaksanaan Musrenbang harus mampu melaksanakan pembangunan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Dan Pelaksanaan Musrenbang ini merupakan titik awal dalam 8 kabupaten,” pungkas Jhon Wempi.(Hasna)