Diduga Tak Aktif, Kepala SMPN 3 Jeumpa Di Protes Warga

Penulis : Abdullah

Foto Istimewa
Bagikan

Mediatipikor.com, Bireuen – Keberadaan Kepala Sekolah yang jarang aktif mengakibatkan sejumlah fasilitas seperti Ruang Belajar, Musalla, serta MCK milik SMP Negeri 3 Jeumpa, Bireuen, Aceh, menjadi tidak terawat.

Hal ini terungkap dari aksi protes yang disampaikan warga kepada awak media, Senin (14/8/2023), di Kecamatan Jeumpa.

“Tampak tidak aktif, tidak ada air, jorok dan rusak bagai tak bertuan, sehingga siswa berbondong bondong buang air besar ke Mns Blang Seupeung setiap hari, sejak dia (Kepsek) menjabat,” kata Warga.

Sebelumnya, Wakil Kurikulum Sekolah, Julita S,Ag, pada Rabu 9 Agustus 2023 lalu diruang kerjanya mengaku telah melakukan kontrol sesuai tupoksi.

“Kita ditugaskan mengontrol sistem pembelajaran disekolah dan mengontrol dewan guru secara aktif,” ujarnya.

Julita yang didampingi Bagian Keuangan Sekolah, Mursyida SE, menyarankan kepada awak media untuk melakukan koonfirmasi langsung kepada Kepala SMP Negeri 3 Jeumpa.

“Lebih baik dan tepat jumpain saja kepala sekolahnya Ariyati S,Pd yang menjabat sejak tahun 2020,” tuturnya menjawab koonfirmasi awak media.

Menurut Julita, adanya laporan masyarakat terkait ketidak aktifan kepala sekolah tersebut bukanlah merupakan tupoksinya.

“Itu bukan tupoksi saya, kalau Ibu kepala ada datang, tapi keburu pulang bersama suaminya, dipangil antarkan berkas-berkas ke kantor dinas PK,” ujar Julita yang turut dibenarkan Mursyida.

Sementara itu, Komite Seolah SMP Negeri 3 Jeumpa, Muhammad M Ali mengaku sangat menyayangkan kondisi di sekolah tersebut.

“Sungguh sayang sekolah ini, sejak 2,5 tahun terakhir saya tidak dilibatkan lagi oleh kepala sekolah sebagai komite, tidak pernah ada musyawarah sekolah selama ini. Sementara sekolah ini didukung oleh 9 desa yakni, Abeuk Tingkem, Cot Meugo, Blang Mee, Blang Seupeung, Abeuk Usong, Meuon Mane, Blang Gandai, Cot Iboh Timu dan Cot Iboh Barat,” bebernya.

Lebih lanjut disampaikan, Muhammad M Ali, dimasa Kepsek sebelumnya kondisi sekolah tersebut cukup maju.

“Dimasa Kepsek M. Yusuf sekolah sangat maju, demikian pula di masa Kepsek Fadli sekolah sangat berkarakter dan berprestasi.

“Hingga para siswa bisa tampil di peresmian terminal terpadu Bireuen, tapi sekarang bagai tak terurus,” ungkapnya.

Keuchik (Kepala Desa) Blang Seupeung Jailah didampingi tokoh gampong (Desa) Zulfaizir, turut membenarkan kondisi SMP Negeri 3 Jeumpa yang saat ini tidak terawat.

“Benar apa adanya bahwa selama ini ada keluhan masyarakat. Kami mewakili seluruh lapisan masyarakat Blang Seupeung dan sekitarnya, sangat mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Bireuen atau bapak Pj Bupati Aulia Sofyan Ph.D dan dinas PK, semoga segera dapat menempatkan kepala sekolah yang baru,” harap Jailah.

Sangat disayangkan, hingga berita ini diterbitkan namun Kepala SMP Negeri 3 Jeumpa, Ariyati, belum berhasil terkoonfirmasi.(Abdullah)