Pemkab Lampura Gelar Aacara Pengantar Tugas Pj. Bupati

Bagikan

Mediatipikor.com, Lampung Utara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) menggelar acara Pengantar Tugas Penjabat (Pj) Bupati Lampung Utara (Lampura), Drs. Aswarodi, M.Si yang dihadiri seluruh pejabat lintas eselon setelah sehari sebelumnya Aswarodi dilantik oleh Gubernur Lampung untuk memimpin sementara di Bumi Ragem Tunas Lampung.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Tapis Setdakab Lampura dipimpin oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemprov Lampung, Zainal Abidin guna mengantarkan Aswarodi bertugas sebagai Penjabat Bupati, Selasa, (26/3/2024).

Sekda Lampura, Lekok dalam sambutannya mengatakan bahwa sosok pria berkacamata yang ada dihadapan mereka adalah Pj Bupati Lampura yang ditunjuk oleh Mendagri melalui Surat Keputusan dan ditegaskan kembali pada senin kemarin oleh Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi dengan melakukan kegiatan pelantikan dan sertijab di Balai Keratun Pemprov Lampung.

Lekok juga menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pj Bupati Aswarodi yang baru saja dilantik.

“Saya atas nama jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Utara dan atas nama pribadi, mengucapkan selamat kepada Bapak Aswarodi yang telah dilantik menjadi Penjabat Bupati Lampung Utara,” ucapnya.

Dengan hadirnya Aswarodi di Bumi Ragem Tunas Lampung, dirinya berharap dapat menjadi motivasi para pejabat di Lampura dalam bertugas menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik lagi kedepannya.

“Semoga dapat memberikan harapan baru bagi kami, untuk terus bekerja melanjutkan, bahkan meningkatkan kinerja pemerintahan, sehingga Kabupaten Lampung Utara ke depannya dapat maju dan makmur,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Lekok mengutarakan komitmen dirinya bersama perangkat daerah lainnya yang akan mendukung penuh Aswarodi selama bertugas menjadi Pj Bupati Lampura.

“Semoga kami tidak terlalu lama, kami bisa menyesuaikan diri dengan bapak, kemudian siap untuk mendukung bapak, bekerja keras untuk bapak, dan berkontribusi untuk pemerintah Kabupaten Lampung Utara secara khusus,” tandasnya.

Pj Bupati Lampung Utara, Aswarodi mengatakan dirinya tak akan banyak tuntutan pada bawahannya. Sedangkan mengenai fasilitas, Ia akan mengutamakan fasilitas yang sudah disediakan Pemkab Lampung Utara.

“Ini mungkin salah satu penegasan, saya akan lebih mengutamakan fasilitas yang memang sudah ada. Mulai dari fasilitas personil ajudan, personil pengamanan, dan fasilitas-fasilitas yang lainnya. Mengutamakan fasilitas yang memang sudah disiapkan,” ujarnya.

Terkait persoalan daerah, Ia juga akan memberikan perhatian pada pokok-pokok persoalan daerah seperti infrastruktur, pengembangan wilayah, perekonomian, hingga kesejahteraan masyarakat.

“Sesuai intruksi Gubernur kemarin, saya akan segera menyesuaikan diri dengan tugas dan kewajiban, yang telah diamanahkan. Memberikan perhatian pada pokok-pokok persoalan daerah, di bidang infrastruktur dan pengembangan wilayah, ekonomi, sosial, hukum dan pemerintahan, serta lingkungan yang telah dicanangkan di dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah,” jelasnya.

Untuk persiapan Pilkada mendatang, dirinya juga akan memastikan dan memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada 2024 di Lampung Utara.

“Selain itu, dalam rangka jelang Pilkada 2024, Bapak gubernur meminta kepada saya, bersama-sama dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Utara, untuk dapat memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (pilkada) dan wakil kepala daerah tahun 2024 serta menjaga netralitas ASN,” imbuhnya.

Pj Bupati Lampura ini mengajak agar bersama-sama mengawal, agar proses Pilkada di Kabupaten Lampung Utara dapat dilaksanakan dengan baik.

“Dan kita semua dapat memposisikan diri secara netral. Untuk itulah, saya berharap dukungan dari seluruh jajaran pemerintah daerah, kiranya dapat melakukan penguatan koordinasi dan komunikasi antar lembaga, serta konsolidasi antar perangkat daerah. Kita juga harus dapat menjaga kondisi fisikal daerah, karena dengan kondisi yang aman, maka keberlangsungan roda pembangunan juga, akan dapat terselenggara dengan lancar efektif dan optimal,” pungkasnya.

Ia juga meminta untuk bisa meminimalisir terjadinya konflik sosial serta minimalisir peningkatan angka kriminalitas yang akan berpengaruh pada citra Lampung Utara hingga di tingkat pusat.(DISKOMINFO LAMPUNG UTARA/ADV)