Herman Deru Launching Pusat Oleh-oleh Sumsel

Foto : Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru, S.H., M.M., melaunching Pusat Oleh-oleh Sumsel di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) Negeri 6 Palembang, Rabu (29/3/2023).
Bagikan

Mediatipikor.com, Palembang – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H. Herman Deru, S.H., M.M., melaunching Pusat Oleh-oleh Sumsel di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK) Negeri 6 Palembang, Rabu (29/3/2023).

Grand opening pusat oleh-oleh Sumsel itu ditandai dengan penekanan tombol sirene sekaligus penandatanganan prasasti oleh Gubernur.

“Pusat oleh-oleh ini membawa nama Sumsel, maka harus ada kejelasan produk yang akan dijual dan harus merupakan khas Sumsel,” kata Deru.

Kuliner khas Sumsel, diilutrasikan Deru, seperti pempek, laksan, pindang, kue basah, kue lapis legit, maksuba, dan engkak.

Selain produk varian dengan ciri khas Sumsel, Gubernur meminta peluang seperti ini harus diasah terus agar makanan khas Sumsel dapat menjadi penetrasi pasar.

Dikatakan Deru, Pemda Sumsel secara umum telah menginstruksikan SMK agar menunuju vokasi. Para lulusan SMK harus siap bekerja dan menciptakan lapangan kerja.

“Inovasi pelajar SMK harus dipupuk, karena kadang inovasi itu muncul karena keadaan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel, Drs. H. Riza Fahlevi, menuturkan grand opening dan launching Pusat Oleh-oleh Sumsel ini mengambil nama “Akor Lor”.

“SMK harus melakukan inovasi dan kreatifitas serta membuat produk karya siswa berbasis keunggulan daerah,” pintanya.

Pusat Oleh-oleh Sumsel “Akor Lor” merupakan wadah untuk mempromosikan produk-produk hasil karya siswa SMK yang berasal dari 17 kabupaten/kota.

Selain produk-produk karya siswa SMK, pihaknya juga menggandeng produk dari pihak lainnya bekerja sama dengan SMK.

“Pusat Oleh-oleh Sumsel bersinergi dengan dunia usaha, dunia industri, usaha mikro kecil menengah (UMKM), dan pihak lainnya. Sekarang sudah ada di toko online dan instagram,” imbuhnya.

Kepala Bidang (Kabid) SMK Disdik Sumsel, Mondyaboni, SE., S.Kom., M.Si., mengaku bersyukur Pusat Oleh-oleh Sumsel sudah diresmikan Gubernur Sumsel Herman Deru.

“Produk-produk di sini banyak berasal dari karya siswa-siswi SMK sesuai dengan keahliannya masing-masing. Ada produk makanan dan non makanan. Kedepan kami harap siswa SMK Sumsel semakin kreatif berinovasi sehingga ketika lulus bisa menciptakan lapangan kerja, dan memiliki jiwa wirausaha,” tutupnya.(Suparman)