Diskominfosandi Barut Laksanakan Bimtek TTE

Foto istimewa
Bagikan

Mediatipikor.com, Barito Utara – Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Barut) melalui Dinas Kominfo dan Persandian (Diskominfosani) melaksanakan Bimbingan Teknis Tanda Tangan Elektronik (TTE) bagi perangkat Daerah dilingkungan pemerintah Kabupaten Barito Utara di Ruang Rapat Kantor DPRD Kabupaten Barito Utara, Kamis (22/6/2023).

Dalam kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Ketua DPRD Hj. Mery Rukaini, Sekretaris Daerah Drs. Muhlis, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala Perangkat Daerah, Camat Se-Kabupaten Barito Utara dan undangan terkait lainnya.

Dalam laporan pelaksana kegiatan, Kadis kominfosandi H. Mochamad Ikhsan, AKS mengatakan, tanda tangan elektronik merupakan salah satu upaya percepatan transformasi digital di lingkungan pemerintah Kabupaten Barito Utara, hal ini selaras dengan SPBE yaitu mewujudkan tata kelola yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel.

“Salah satu komponen pendukung SPBE dalam konsep birokrasi yang digalakan sejak lama ialah penerapan TTE di era transfortasi digital yang juga sudah kita arungi bersama saat ini, banyak keuntungan yang didapat ketika menggunakan tanda tangan elektronik sertifikasi diantaranya yaitu efisiensi waktu, kekuatan hukum setara dengan tanda tangan basah, identitas terjamin, hemat biaya pengeluaran dan ramah lingkungan,” kata Ikhsan.

Sementara itu Bupati Barito Utara H. Nadalsyah dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra menyampaikan bahwa implementasi tanda tangan elektronik selaras dengan manfaat yang telah disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfo dan Persandian.

“Dimana juga telah kami uji coba dalam beberapa surat yang diterbitkan secara digital, kami mengakui bahwa tanda tangan elektronik dapat berdampak langsung dalam percepatan birokrasi dibanding dengan penggunaan tanda tangan basah secara umum,” ujar Sugianto.

Selain tidak lagi terikat waktu dan tempat, kata Wakil Bupati, TTE juga mampu meminimalisir penyalahgunaan dan pemalsuan tanda tangan orang yang bersangkutan.

“Selain itu manfaatnya lebih cepat dan TTE juga lebih aman sehingga Smart City Batara dapat segera kita wujudkan,” ucapnya.

Lebih lanjut Sugianto berharap agar seluruh ASN dan Kepala Perangkat Daerah Di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara sudah harus mulai membuka diri terhadap perubahan era digital dan kemajuan teknologi yang sudah tidak bisa dihindarkan. Sehingga aparatur Pemerintah Kabupaten Barito Utara siap mewujudkan e-government dalam pelayanan publik menuju Smart City Batara.

“Saya juga berpesan agar setelah diadakanya bimbingan teknis ini nantinya birokrasi tidak berbelit-belit, dapat kita percepat dengan tetap mengedepankan asas dan kaidah peraturan naskah dinas yang telah ditetapkan agar bekerja dapat dilakukan dimana saja, kapan saja untuk percepatan pelayanan kepada masyarakat di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” jelas Sugianto Panala Putra mengakhiri sambutan Bupati.

Adapun narasumber dalam kegiatan ini adalah Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah, Billy Bareto, S.T.(Ramli)