DPP PWA Serahkan SK Pengurus PWA Bireuen

Bagikan

Mediatipikor.com, Lhokseumawe – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Wartawan Aceh (PWA) yang berkantor di Lhokseumawe, menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepengurusan baru Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PWA Kabupaten Bireuen untuk periode 2023-2026, pada Jum’at, 13 Oktober 2023.

Penyerahan SK sesuai hasil Musyawarah Wilayah (Muswil) DPW PWA Bireuen yang digelar baru-baru ini. Secara aklamasi para pengurus memilih Ketua DPW PWA periode sebelumnya yakni Abdullah bersama sekretaris Muzakkir untuk melanjutkan estafet kepengurusan organisasi wartawan lokal Aceh di Kabupaten Bireuen.

Sementara untuk penyerahan SK Kepengurusan baru DPW PWA Kabupaten Bireuen langsung dilakukan Ketua Umum PWA Pusat Maimun Asnawi, S.Hi.,M.Kom.I, didampingi Sekjen PWA Erwin, S.IAN dan Ketua Harian PWA Pusat Armiadi, AM, SE.

Ketua Umum PWA Pusat Maimun Asnawi menyampaikan, Persatuan Wartawan Aceh merupakan organisasi profesi jurnalis yang independen dengan maksud untuk mendorong terciptanya keadilan dan kesejahteraan sosial masyarakat di Nanggroe Aceh Darussalam, sehingga lahirnya jurnalis yang produktif dan profesional dalam memberikan informasi kepada publik.

Selain itu, juga mendorong partisipasi masyarakat supaya aktif melakukan kontrol dan monitoring terhadap kebijakan pemerintah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat.

“Yang perlu diketahui bersama adalah program kerja PWA yakni untuk melakukan penguatan kapasitas jurnalis melalui pelatihan investigasi dan advokasi terhadap anggaran publik. Melakukan pendidikan publik tentang peran jurnalis terhadap sosial kontrol kinerja pemerintah. Melakukan pengkaderan melalui pelatihan dan pendidikan dalam rangka melahirkan jurnalis yang profesional di seluruh Nanggroe Aceh Darussalam,” ucap Maimun Asnawi.

Ia juga menjelaskan, Dewan Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Aceh lahir pada tahun 2007 silam, pasca dua tahun MoU Helsinki RI-GAM. PWA didirikan dengan prinsip-prinsip independen, transparan, akuntabilitas, imparsial, non-partisan dan bertanggung jawab serta integritas.

“Persatuan Wartawan Aceh berkerja atas nilai, jujur, tanggung jawab,
Visioner, disiplin, kerja sama, adil,
Peduli, pro-rakyat, keadilan sosial dan kesetaraan gender,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Abdullah selaku Ketua DPW PWA Bireuen periode 2023-2026 mengatakan akan menjalankan tugas baru sebagai pimpinan organisasi profesi jurnalis yang independen kedepan dan yang terbaik.

“Syukur Alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik dan dorongan serta dukungan teman-teman seperjuangan dari insan pers khususnya, saya haturkan ucapan ribuan terimakasih,” ujar Abdullah.

Abdullah berharap, rekan-rekan pers dapat berkomitmen mengemban amanah UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 yang mengatur tentang hak dan kebebasan pers, etika jurnalistik, kewajiban media, hak jawab, serta sanksi hukum pelanggaran pers.

“Wartawan adalah profesi yang memiliki kode etik jurnalistik. Ketentuan itu telah diikat dalam Pasal 7 ayat (2) UU Nomor 40 Tahun 1999. Etika Jurnalistik merupakan landasan moral jurnalis untuk membuat berita yang dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya.(Abdullah)